Kamis, 13 Oktober 2016

Diposting oleh Reni hd di 05.23
[Review] A Child Called “it” : Sebuah Novel Yang Akan Membuatmu Terperangah












Judul                : A Child Called “it”
Penulis             : Dave Pelzer
ISBN                : 979-686-400-2
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
Editor               : Danan Priatmoko
Desain Cover   : Hotma Roni Simamora
Tahun Terbit    : 2001
Tebal                 : 184 hlm


5 Maret 1973, Daily City California- Aku terlambat.Aku harus menyelesaikan pekerjaan mencuci peralatan  makan secepatnya. Kalau tidak aku tidak dapat jatah sarapan; dan karena semalam aku tidak makan,jadi sekarang aku harus makan sesuatu. Ibu mondar –mandir sambil berteriak kepada saudara-saudara  lelaki. Aku bisa mendengar langkah-langkahnya  yang berat menuju dapur. Cepat-cepat aku membilas lagi. Tapi terlambat . Ibuku menarikku dengan kasar.

            Hidup  David Pelzer seketika berubah 360 derajat. Dia mempunyai keluarga yang hangat dan bahagia dulu tapi semua berubah ketika ibunya “Catherine Roereva” mencoba untuk mendisiplinkan anak-anaknya. Tapi sayangnya sikapnya berubah menjadi kasar dan tak terkendali.Dan David pun berusaha sekat tenaga untuk bertahan hidup dari siksaan demi siksaan dari ibunya.

            A Child called “it” adalah buku tentang child abuse yang mengisahkan seorang anak yang mengalami  kekerasan  dan penganiayaan oleh ibu kandungnya sendiri. Dan anak itu tak lain adalah si penulis sendiri “ Dave Pelzer”. Ya,ini merupakan kisah nyata yang di alami Dave pada masa kecilnya.Banyak sekali kekerasan dan penyiksaan yang tak lazim di dapatnya dari ibunya ketika  dia masih kecil. Sosok  ibu yang seharusnya melindungi dan memberikan rasa aman kepada putra-putrinya kini berubah layaknya monster yang mengerikan.

            Novel ini sangat menginspiras sekaligus menggugah hati. Ceritanya sangat mengharukan dan mungkin bagi sebagian pembaca akan menitikan air mata saat membaca buku ini.Buku ini membuka mata kita tentang betapa “child abuse” masih menjadi momok yang menakutkan bagi anak-anak diluar sana.Kisahnya sangat inspiratif,mengajarkan betapa kita tidak boleh menyerah dalam kondisi yang terburuk sekalipun.

            Kekurangan dari buku ini dari sisi cover adalah gambar ilustrasi dari covernya kurang mewakili kepedihan yang dirasakan David Pelzer. Akan lebih baik jika covernya lebih menampilkan kegelapan danari tokoh utama. Dari sisi cerita , tidak dijelaskan secara rinci penyebab sikap ibu David Pelzer berubah menjadi kasar. Dan itu masih sangat mengganjal. Mungkin penyebabnya akan terpecahkan di buku selanjutnya.Mengingat buku ini masih ada kelanjutannya.

            Novel ” A Child Called it” persembahan dari  Dave Plazer  bagi anak-anak untuk hari esok yang lebih baik.Buku ini sangat layak dibaca untuk memberikan kita gambaran mengenai isu “child abuse. Saya kira rating empat bintang cukup mewakili keseluruhan  penilaian  saya tentang buku ini. Tertarik mencoba membaca ?


0 komentar:

Posting Komentar

 

Book review Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare